Competitive Intelligent (Background)

23 02 2009

Istilah Competitive Intelligence (CI) pertama kali saya kenal sejak Oktober 2004. Banyak sekali definisi tentang competitive intelligence namun istilah mudahnya menurut saya adalah proses sistematis yang ‘menjahit’ potongan data dan informasi menjadi suatu knowledge untuk pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan. Informasi dapat berupa posisi kompetitor maupun rencana ke depan kompetitor.

Sejak mengenal istilah itu, seperti biasa, langsung saya dalami secara mendetail dengan membaca web dan buku2 mengenai Competitive Intelligent. Salah satu buku yang menurut saya paling bagus adalah The Complete Guide to Competitive Intelligence oleh Kirk W.M. Tyson.

Buku diatas mengupas secara detil tentang CI, bagaimana mendesain proses CI, bagaimana membentuk tim CI, bagimana mendapatkan informasi, menganalisa dapata yang diperoleh, etika CI hingga membuat report berikut template-template yang digunakan untuk mendapatkan data-data kompetitor.

Pada tahun 2004 – 2005, belum banyak perusahaan yang menyadari pentingnya CI di Indonesia sehingga pelatihan CI juga belum banyak diadakan sehingga mau tidak mau ilmu tentang CI lebih banyak didapatkan dari buku2 yang dibeli dari luar negeri. Penerimaan terhadap Konsep CI memang lambat pada awalnya, namun pada 3 tahun terakhir ini sangat pesat terlebih lagi dengan adanya Price War dalam industri telekomunikasi seluler. Namun CI bukan hanya cocok untuk industri seluler, namun juga cocok bagi semua industri yang memiliki kompetitor.

Selain mendapatkan ilmu  CI dari buku-buku, mengikuti berbagai pelatihan didalam dan luar negeri serta mengikuti konferensi SCIP (Society for Competitive Intelligence Professional) di Chicago, akhirnya saya menjadi cukup paham mengenai ilmu CI dan beberapa kali menjadi pembicara dan trainer untuk CI.

Bagaimana implementasi CI, strategi mendapatkan informasi kompetitor dan bagaimana memanfaatkan google untuk mendapatkan informasi, serta bagaimana menggali informasi kompetitor saat pemeran dan tips2 CI akan dibahas pada topik berikutnya.

Bila ada tips & triks CI dan ingin share, silahkan…


Actions

Information

6 responses

29 04 2009
udien

Bagus sekali Mbak isi Blog nya, biasanya yang saya temui isi curhat aja, share juga mbak tentang dunia CI.

11 05 2009
marketertalk

Trims, memang crhat lebih cepat yah membuatnya makanya tetap ada curhatnya juga di bagian personal…:-))

30 04 2009
sonirosa

sebagian tips mengenai ci menurut perspektif saya:
1.sangat sayang hidangan yang begitu lezat dan sempurna disajikan setelah perhelatan usai, “hidangan” sebaiknya disajikan tepat waktu.
2.lebih dari 70 % informasi yang diperlukan ada di internal.

so what…
make decission, take an action in the right time at the right place by the right people. and remember god is mercyfull therefore we allways have both right time and place, and then all subject is depend on us as a human beiing.
good luck

11 05 2009
marketertalk

Bung Soni, You are absolutely right! CI must be delivered in timely manner and decision making has to be linkage and a continous basis…

4 10 2009
sandy

Perkenalkan nama saya Sandy, mahasiswa Kajian Stratejik Intelijen, S2 UI. Bekerja di salah satu bank milik pemerintah.

Mbak, kebetulan saya sedang mengambil competitive intelligence sebagai topik tesis saya, dan saat ini saya cukup kesulitan untuk mencari bahan mengenai hal tersebut di Indonesia.

Apakah mbak Sri bisa membantu saya untuk provide literatur atau merekomendasikan training CI yang bisa saya ikuti untuk mendukung dalam penyusunan tesis tersebut? karena saya benar2 sangat membutuhkan pencerahanan saat ini. Terimakasih

12 10 2009
marketertalk

Bung Sandy,
Saya punya banyak literatur tentang Competitive Intelligent. Sebelumnya saya adalah praktisi CI dan juga biasa memberikan training tentang CI kepada internal kantor dan juga perusahaan eksternal. Beberapa training yang bisa diikuti juga bisa saya rekomendasikan. Kalau berminat hubungi via email saja yah dengan senang hati akan saya bantu.

Leave a reply to sonirosa Cancel reply