Bagaimana Menghubungkan CI dengan Strategic Management?

11 05 2009

Pernah mendengar perusahaan yang namanya Xerox? Xerox adalah perusahaan yang pertama kali memiliki cara memproses informasi produk secara inovatif mulai dari PC, Mouse, laser printer dan jaringan lokal. Apakah Xerox adalah pemain utama di pasar produk ini saat ini? Tidak. Andai saja mereka konsisten, bukan tidak mungkin Xerox menjadi perusahaan terbesar di dunia saat ini. Apa yang terjadi?

Xorox telah melakukan pengumpulan data intelijen dengan baik. Mereka menguasai teknik-teknik pengumpulan data dengan baik dan menjadi salah satu pionir dari konsep benchmark. Tim riset mereka mampu melihat bagaimana masa depan dari semua gadjet baru. Jadi dalam hal intelijen, Anda akan mungkin akan memberikan nilai tertinggi untuk pencapaian dalam hal ini.

Dalam hal perencanaan dan stratejik manajemen, dalam banyak hal mereka sangat terkenal dalam pengembilan keputusan stratejik dan taktikal. Jadi dimana letak permasalahannya?

Permasalahan dasar yang mereka miliki justru terletak pada tidak adanya link antara proses pengumpulan informasi inteligen dan proses pengambilan keputusan stratejik dan taktikal.

Xerox tidak sendiri dalam masalah ini, beberapa perusahaan besar juga mengalami hal yang sama. Cara pandang tradisional mengenai hubungan antara proses pengumpulan data dengan stratejik manajemen adalah dengan adanya aliran intelijen yang terus menerus mengalir membentuk proses stratejik manajemen. Banyak profesional CI yang berpikir jika ada sistem monitoring yang kontinyu yang mampu memonitor kompetitor, pelanggan, suplier dan faktor faktor luar lainnya sudah cukup untuk memberikan masukan yang baik bagi fungsi stratejik manajemen. CI profesional juga menyatakan andai stratejik manajemen dapat dilakukan sebagai aktivitas terus menerus dan bukan kegiatan tahunan akan menjadi hal positif bagi perusahaan.

Sepertinya mudah bukan? Namun sayangnya dalam 5 sampai 10 tahun terakhir, praktisi CI berjuang dengan berbagai teknik mengumpulan data intelijen. Mereka sadar akan kesulitan menyediakan informasi yang terus menerus. Demikian juga halnya dengan para eksekutif dalam 10 -20 tahun belakangan ini juga telah mengalami berbagai teknik dan terus menerus mencari alat utama yang mampu menyediakan semua jawaban yang benar.

Bagaimana hal ini dapat dilakukan? Buku Kirk W Tyson mengupasnya secara detail. Secara singkat hal ini dapat dilakkan dengan konsep Perpetual Strategy sebagai berikut:
1. Hindari Solusi Tunggal
2. Kembangkan Struktur pengembilan keputusan
3. Ciptakan Proses Strategy yang Konstan (Perpetual Strategy) dengan :
o Membangun Konflik untuk Mendapatkan Keputusan terbaik
o Putuskan segera

Praktisi CI harus bermitra dan dekat dengan pengambil keputusan. Eksekutif membutuhkan inputan untuk pengembilan keputusan. Praktisi CI dapat memberikan inputan yang baik jika bau membahu dengan manajemen secara interaktif. Manajemen membutuhkan tantangan diawal proses untuk lebih baik mendefinisikan bagaimana informasi intelijen digunakan. Praktisi CI memerlukan kelahlian lebih untuk proses analisa informasi untuk keputusan yang akan diambil.

Manfaat dari Perpetual Strategy? Proses ini akan memungkinkan kita menghindari surprise, menghitung peluang dan mengurangi ancaman di pasar. Strategi ini juga membantu kita untuk fokus kepada faktor-faktor kunci sukses dan hal-hal yang benar-benar penting karena anda memiliki lebih dari sekedar partnership dengan engambil keputusan. Manfaat lain adalah pengambilan keputusan yang tepat waktu.

Mudah dipahami bukan? Ya, karena manfaat-manfaat ini adalah manfaat yang didapat dari proses Competitive Intelligent. Dengan proses Perpetual Strategy yang memungkinkan linkage dengan smanajemen stratejik, Anda akan manyedari beberapa manfaat-manfaat ini.

Perusahaan dan eksekutif sangat lambat menyadari informasi sebagai aset perusahaan dan property intelektual. Apakah Anda sudah menyadarinya?


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: