Pilihanmu: Facebook OR Facial?

11 05 2009

Hari-hari ini wanita di Indonesia disibukkan oleh kegiatan sosial yang membuat cemburu suami dan anak-anaknya yaitu aktivitas rumpi via Facebook. Namun ketika dihadapkan pada pilihan Facial atau Facebook mana yang dipilih?

Fenomena Facebook (FB) di Indonesia sangat luar biasa yang disebabkan oleh karakteristik orang Indonesia yang suka sekali sosialisasi, ngerumpi dan kongko-kongko dengan teman-teman lama. FB mempertemukan kembali teman-teman masa kecil, teman kuliah di luar negeri, orang tua dengan anak bahkan mantan gebetan jaman baheula.

Seorang teman saya yang berhasil mentransformasi dirinya dari itik buruk rupa menjadi angsa yang menawan berkat kecerdasan dan karir yang gemilang sangat terkejut ketika bertemu di FB dengan gebetannya idola kampus jaman dulu. Ia kini ternyata tidak seganteng dimimpi-mimpinya dulu dan kini menikah dengan wanita yang menurutnya gak ada apa-apanya dengan dirinya sekarang. FB berhail membuat sebagian besar orang berbondong-bondonglah bergabung di FB baik laki-laki, perempuan, anak-anak dan dewasa.

Namun dampak lain dari FB adalah para ibu di rumah tersita waktunya sibuk FB via komputer, laptop bahkan Blackberry (BB). Seorang suami bahkan menuliskan puisi yang judulnya ‘Cinta Segitiga Antara Istriku Facebook dan Blackberry’ dimana sang suami mengeluhkan panggilan FB lebih menarik perhatian sang istri daripada kehadiran suami ataupun mertuanya. Ke kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, garasi bahkan ke atas tempat tidur BB dan FB tak pernah ketinggalan.

Mata sang istripun kini selalu tertunduk, fokus ke FB dan BBnya dan melupakan berbagai kegiatan yang dulu dilakukan dengan senang hati seperti menyetrika baju suami, memilihkan baju suami ketika keluar kota. Sang suami hanya bisa mengelus dada sembari menyesal telah membelikan istrinya BB dan mengajarkan FB.

Komplain bukan hanya dari suami, anakpun tak ketinggalan komplain seperti komplein Sera kepada mamanya yang ditampilkan di You Tube dan berpikir mamanya akan bawa laptop ke surga agar tetap bisa FB. Video ini tersebar di FB dan dilihat oleh para ibu, namun para ibu tetap cuek bebek dan terus FB.

Facial juga merupakan kegemaran wanita setelah Spa. Facial dipandang perawatan yang penting dan rutin dilakukan wanita yan gpeduli akan penampilan wajahnya. Berjam-jam dihabiskan wanita di salon ataupun dokter kulit penyedia layanan Facial. Facial dilakukan sambil relaks dipijat sambil dilapisi berbagai krim dan berbagai peralatan canggih mulai dari tradisional scrub, ultra sound hingga laser untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Facial dan facebook memiliki kesamaan yaitu sama-sama menghabiskan waktu dan juga sama-sama bernuansa narcis. Motif wanita bergabung FB disamping networking adalah juga narcis baik narcis diri sendiri, anak ataupun koleksi teman-teman. Ada yang ingin agar foto anaknya ditemukan pencari bakat model anak ataupun bakat menyanyi anaknya diketahui orang lain. Facial juga narcis, ingin dipandang lebih cantik, lebih mulus, lebih terawat ataupun lebih putih sehingga siapa tahu ditemukan juga oleh pencari bakat untuk main sinetron ataupun film dan terkenal seperti artis-artis yang awalnya nobody menjadi somebody hanya karena film perdananya meledak.

Saat berhadapan dengan pilihan di suatu minggu siang yang terik, apakah FB di rumah ataukah facial di Mall muncul dilema pada diri wanita. Yang dilakukan kemudian adalah melakukan survey kecil-kecilan di FB dan hasilnya 40% memilih facial, 30% memilih FB dan 30% memilih dua-duanya, suatu pilihan yang sulit!

Kecanggihan teknologi memungkinkan Facial dilakukan sambil FB dengan adanya perangkat BB. Ketika pada akhirnya pilihan facial sambil FB dilakukan, ternyata membuat lupa segala-galanya, bukan hanya suami dan anak di rumah namun juga perlu waspada jangan sampai lupa bayar kata teman saya.

Teknologi membuat segalanya menjadi mungkin, salah satunya menghabiskan waktu tanpa rasa bersalah!

Artikel ini juga dimuat di http://www.kabarindo.com.

Anda memilih Facebook atau Facial di hari Minggu?


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: