Menjadi Kaya Adalah Pilihan

28 05 2009

Apa definisi kaya? Banyak tentunya. Namun menurut saya, kaya adalah kondisi dimana semua kebutuhan kita sudah terpenuhi lebih dari cukup. Sehingga kaya menurut saya berasal dari hati, hati yang merasa berkecukupan.

Bagaimana menjaga agar hati selalu merasa berkecukupan? Tentu ada banyak cara dan satu hal yang saya terapkan adalah menyederhanakan keinginan. Terdengar mudah?

Kenyataannya tidak. Ditengah dunia yang gemerlap, teknologi yang mendukung belanja online, godaan belanja yang bertubi-tubi, budaya konsumerisme yang impulsif di Indonesia sangat sulit menyederhanakan keinginan. Belum lagi pernak pernik gadget handphone dan hobby mahal seperti fotografi, bersepeda, motor gede yang tentunya tidak membutuhkan biaya yang kecil. Bagaimana bisa menyederhanakan keinginan?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan yang saya pelajari dari orang tua saya untuk menyederhanakan keinginan antara lain:
1. Mengurangi keluar rumah
Bagi yang bekerja tentunya mengurangi keluar rumah terutama ke mall di waktu akhir pekan. Waktu lebih banyak dihabiskan bercengkrama bersama suami dan anak-anak atau melakukan hobby berkebun, memasak, dll.

2. Memiliki cukup uang di saku dan di tabungan.
Dengan memiliki cukup uang disaku ataupun di tabungan kita sudah merasa kaya sehingga dapat sedikit menekan keinginan dengan mangatakan dalam hati ‘saya mampu membeli barang ini tapi saya tidak membutuhkannya saat ini’ setiap godaan datang untuk membeli hal yang tidak perlu.

3. Menjaga Mata dari Godaan
Godaan bisa datang dari koran yang beriklan Sale, internet ataupun dari teman dan tetangga yang datang menginformasikan Discount. Godaan bisa juga dari melihat gadget teman2 ataupun kamera terbaru sebagai hobby teman-teman. Disini perlu komitmen yang kuat untuk menjaga hati agar tidak silau dan mudah tergoda.

Dengan adanya cukup uang disaku dan tabungan, lebih mudah mengatasi godaan. Yang bahaya adalah ketika kita sedang tidak ada uang dan menginginkan sesuatu, maka godaan akan sangat berat dan terus menerus mengganggu pikiran untuk mendapatkan benda yang diinginkan.

Dengan menerapkan konsep penyederhanaan keinginan ini orang tua saya sudah merasa kaya, yang mereka capai dengan menjaga hati agar selalu merasa berkecukupan.

Sehingga saya menyimpulkan, Menjadi Kaya Adalah Pilihan. Kita bisa memilih apakah ingin merasa kaya dengan mensyukuri segala yang sudah dimiliki: kesehatan hingga hari ini, suami yang mencintai setulus hati, anak-anak yang sehat, pekerjaan tetap, dll. Atau kita selalu merasa kurang dan melihat kekurangan diri sendiri?

Sudahkah Anda mensyukuri nikmat hari ini dan merasa Kaya?


Actions

Information

2 responses

15 11 2009
teddy

Artikel ini maknanya simple….. tapi sulit…
Jaman skrg kyknya sangat sulit utk tdk keluar rumah krn kehidupan kita bergantung sama di yang “diluar” ……..apalagi menahan mata?????
Belum lagi yang namanya “tak terduga”

30 11 2010
marketertalk

Ini yang dijalani oleh ibu saya dan coba saya terapkan dalam hidup. Namun meskipun ke luar rumah tak terhindarkan, menahan mata sepertinya bisa dilakukan namun tentunya mesti dicoba dan kuat hati yaah…

Leave a Reply

